Jumat, 03 Januari 2014

Masyarakat Madani

Masyarakat Madani adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaan, yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Karakteristik Masyarakat Madani, yaitu ;
1. Free Publik Sphere (ruang publik yang bebas), yaitu masyarakat memiliki akses  penuh terhadap setiap kegiatan publik, mereka berhak melakukan kegiatan secara merdeka dalam menyampaikan pendapat, berserikat dan berkumpul.
2. Demokratisasi, yaitu proses untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi sehingga mewujudkan masyarakat yang demokratis. demokratisasi dapat terwujud melalui penegakan pilar-pilar demokrasi.seperti, LSM, pers yang bebas, supremasi hukum, perguruan tinggi, partai politik.
3. Toleransi, yaitu kesediaan individu untuk menerima pandangan-pandangan politik dan sikap sosial yang berbeda dalam masyarakat, sikap saling menghargai dan menghormati pendapat serta aktivitas yang dilakukan oleh orang atau kelompok.
4. Pluralisme, yaitu sikap mengakui dan menerima kenyataan masyarakat yang majemuk disertai dengan sikap tulus, bahwa kemajemukan sebagai nilai positif dan merupakan rahmat dari Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar